Loading Posts...

Advertisement

      

Kiat “ikatan” ala H Cholil untuk perkutut Kelebihan Power atau suara Noklak

SPESIALIS IKATAN PERKUTU. H CHolil sangat lihai hilangkan suara Noklak perkutut

Ada yang berbeda untuk hobi yang satu ini untuk mengatur suara besar kecilnya “volume” burung untuk lomba dan cara ini hanya ada di hobi perkutut saja. Caranya burung lomba yang volumenya diatur bisa diberikan ikatan pada bagian leher. Dengan memberikan ikatan pada leher burung dijamin masalah suara terutama yang kelebihan power (noklak) bisa diredam. Dan ini adalah masalah klasik yang sering dijumpai pemandu bakat ataupun perawat burung perkutut  terutama ketika dipersiapkan lomba burung justru noklak karekan beberapa sebab, terutama faktor cuaca akan sangatberpengaruh.

Menurut H Cholil HDL yang juga seroang mekanik handal di Indonesia bahwa kondisi suara noklak bagi perkutut itu normal dan cara ampuhnya burung harus di ikat untuk mengurangi power yang berlebihan tersebut. “Burung noklak itu wajib di tali untuk meredam kelebihan power burung, kalau dibiarkan tidak di talipun bukan masalah. Namun kalau diikat suaranya akan lebih bagus dari sebelumnya,” kata H Cholil yang sering mendapat order mengikat.

PERSIAPAN IKATAN. Burung harus dikunci agar lancar saat diikat “lehernya”.

Alasan mendasar burung diikat menurut H Cholil adalah untuk meredam power yang berlebihan, ketika burung sudah diikat/di tali maka suaranya akan lebih bagus. Sebab diikat sangat bermanfaat untuk menata suara tengah burung, walau efeknya nanti kualitas suaranya turun sedikit namun suara burung menjadi bagus. Untuk kungmania yang tinggal di hawa dingin kecenderungan burungnya noklak sangat tinggi karena faktor cuaca sangat mempengaruhi burung noklak.

Dan juga perlu dipahami bahwa burung noklak itu tidak salah atau kurang, karena saat beranggun burung itu kelebihan power karena faktor faktor yang ada. Kalau burung besar sampai noklak pasti menjadi bagus tapi kalau burung tipe kecil noklak pasti suara “kasar” nya keluar jadi kurang indah dan biasanya sang perawat dibikin pusing . Sehingga jalan paling aman burung yang noklak lebih baik diikat biar powernya bisa diatur atau diredam.

BUTUH KEAHLIAN. Ikatan harus tepat agar tidak melukai burung yang ikat

Setelah ada ikatan sebaiknya ikuti pantangan menyantap menu tertentu, ada satu pantangan makanan yang perlu dihindari untuk tipikal burung burung yang noklak kalau disiapkan untuk lomba, yaitu hindari menu makanan ketan hitam. Dan kalau perlu gabahpun harus dihindari ketika ditali atau jika tidak ditali menu tersebut harus tetap dihindari.

Lebih jauh media online avesnews.com mencoba menanyakan tarif sekali tali untuk sekelas perawat handal seperti H Cholil berapa ? menurutnya jasa mengikat burung burung lomba ngak ada pakemnya. Kepercayaan itu menjadi harga yang termahal, masak burung bagus kalau ikatannya bagus dan bisa juara sang pemilik diam saja dengan pengikatnya. Jasa itu tergantung pemilik burungnya. “Biasanya hasil bagus biasanya juga bagus imbal baliknya,” ungkap H Cholil dengan tersenyum.

Tinggalkan Komentar

Advertisement