Loading Posts...

Advertisement

      

     

SAM’S BF Malang: Dosen Praktikum yang Sukses Mencetak Puter Pelung Juara & Kembangkan Trah Unggul

MALANG, agrobisburung.com – Muhammad Samsul Hidayat, yang akrab disapa Mas Sam’s mengawali kiprahnya di dunia burung Puter Pelung sejak akhir tahun 2017. Pertama diperkenalkan puter pelung oleh seorang sahabat bernama Danang Simba BF Malang. Saat itu Mas Sam’s masih berprofesi sebagai Dosen Praktikum di Politeknik Negeri Malang dan aktif berkarya sebagai Konsultan dibeberapa Dinas PU wilayah Kab. Malang dan Pasuruan.

Mas Sam’s bersama keluarga.

Pada pertengahan 2018, Mas Sam’s bertekad untuk memulai merintis usaha peternakan burung Puter Pelung berkualitas lomba & Trah Juara dengan nama SAM’S BF, yang beralamat: Kandang: Ruko SAM’S Jl. Budi Utomo No.2 Mulyorejo – Malang Rumah: Perum. Emerald Garden C-25 Bumiayu-Malang. Sejak saat itu sedikit demi sedikit jumlah burung puter pelung milik kandang SAM’S BF semakin banyak, yang asalnya hanya tiga pasang saja. Mas Sam’s aktif breeding mencetak burung-burung handal dan hampir sering dapat juara disetiap event lomba yang diadakan oleh P4SI maupun P5SI. Untuk saat ini yang dikembangkan oleh SAM’S BF sebanyak 25 kandang.
Materi Puter Pelung yang digunakan mayoritas trah juara. Diantaranya indukan dari peternak besar, seperti Cristal, Golden, Nif, Jupiter, B2W, FLA, HTN, Joker, GSM, PKJ, GA, Smart, GADA, 7BF, Hanan, Bonekamu dan peternak ternama lainnya. Selain itu SAM’S BF juga mencetak burung-burung juara produk sendiri, seperti Nogosoro (Sam’s RM212), Topeng (Sam’s 78), Anak Cakil (Sam’s 01), BCL (Sam’s 100), Gisel (Sam’s 99), Sutro Banyu (Sam’s 12), Kutho Mesir (Sam’s 88), Pamengkang Jagad (Sam’s 44), Raja Siluman (Sam’s 222) dan masih banyak lagi yang lainnya.

Markas SAM’S BF.

Mas Sam’s selalu menyeleksi burung-burung Puter Pelung miliknya sesuai kualitas dan kebutuhan dalam pakem lomba. Rata-rata anakan SAM’S BF di jual umur 1 bulan keatas ke beberapa rekan penghobi, peternak dan reseller, baik di wilayah Jawa maupun Bali. Beberapa anakan burung juara di SAM’S BF tidak di keluarkan terlebih dahulu sebelum mengetahui kualitasnya. Hal ini dilakukan demi menjaga kualitas burung ring SAM’S. Ada juga indenan atau pesanan dari beberapa pelanggan di Jawa – Bali untuk beberapa anakan dari kandang favorit di SAM’S BF,  seperti kandang: Singo Barong, Nogosoro, Sekar Melati, Patriot, Dorojati, Letnan, Lexus, Bang Jago, Cakil JR dan yang lainnya.

Saat transaksi anakan SAM’S BF.

Adapun beberapa peternak puter pelung, mulai Jawa Barat sampai Bali yang mempercayakan ring Sam’s sebagai basic kandangnya seperti: Lastra BF, Kendedes BF, Maco BF, Wijoyo BF, Arjuna BF, Iwan BF, Joger BF, Atheya BF, Dewata BF dan masih banyak yang lainnya. Penjualan burung ring Sam’s tertinggi untuk saat ini mencapai 15jt ke salah seorang sahabat dari Pulau Dewata Bali. Untuk pemasaran Puter Pelung ring Sam’s menggunakan media sosial seperti Instagram (@sams.collect), Facebook (MSamsulHidayatElMandury), YouTube (Sam’s Farm & Collection).
Mas Sam’s juga aktif berkomunikasi dengan para pecinta dan para pelomba puter pelung di seluruh Indonesia, demi menjaga silaturahmi dan kelestarian puter pelung. Seperti halnya dengan Gus Nanang pemilik Songolas BF, Mas Sam’s menitipkan beberapa burung juaranya untuk di rawat di kandang beliau dan diikutsertakan dalam perlombaan di wilayah Team OJOIRI (Mojokerto, Jombang & Kediri).

Mas Sam’s bersama ketua P4SI Jatim, Didik CPM.

Selama beberapa tahun berjalan ini, produk SAM’S BF sudah mulai eksis, baik di area Lomba maupun kandang. Dalam rangka memasyarakat Puter Pelung di bulan suci Ramadhan ini kami dari SAM’S BF akan melakukan beberapa lelang burung ring SAM’S yang hasilnya akan disalurkan kepada yang membutuhkan. “Saya dari SAM’S BF mengucapkan banyak terimakasih kepada para pelanggan yang sudah mempercayakan produk SAM’S BF Malang,” ujar Mas Sam’s. AB-AMA

SAM’S BF Team.

Tinggalkan Komentar

Advertisement