Loading Posts...

Advertisement

      

Disambut Antusias Kungmania Ciayumajakuning, Megaloman Naik Kelas, Jatiwangi & Terpesona Ngorbit di Latber HUT TNI ke-76 Cirebon Wilbar 

CIREBON, agrobisburung.com – Antusiasme kungmania Cirebon dan sekitarnya atau lebih dikenal Ciayumajakuning (Cirebon-Indramayu-Majalengka-Kuningan) sangat luar biasa. Sambil menunggu gantangan baru di lapang Ciperna Cirebon beres dibangung, kungmania Cirebon dan sekitarnya mencoba mengadakan kegiatan. Hal ini untuk menjaga eksistensi dan gairah perkutuf di wilayah tersebut tetao hot. Kali ini kungmania Cirebon Wilayah Barat (Wilbar) yang digagas Maman Rama Paksi BF dan Wahidin Majikan BF berinisiatif menggelar latber khusus piyik yunior dan hanging, di lapang Wilbar Plumbon, Kab. Cirebon, Minggu (10/10/21).

Juara piyik yunior.

Dua blok kelas hanging yang disiapkan panitia terisi full, sedangkan satu blok kelas piyik yunior juga terisi full. Latber ini mendapat suport dari pengurus P3SI Pengda Cirebon, yang ditandai dengan kehadiran ketuanya Ancu Sunardi beserta beberapa jajaran pengurus. Selain itu juga hadir sesepuh perkutut Cirebon, seperti H. Abdul Azis Hijrah BF, Bobi Parasasti BF, Defri Eyaka BF dan tokoh lainnya. Tidak lupa suport dari pakan perkutut BOOS yang selalu setia disetiap gelaran di wilayah Jabar.

H. Azis (kiri).

Di kejuaraan, peserta mayoritas diikuti burung-burung debutan. Mereka memanfaatkan latber ini untuk menggojlog amunisinya sebelum diturunkan di event besar diberbagai blok. Ada beberapa nama yang sudah mapan dan pernah merasakan ketatnya persaingan di lomba besar. Salah seekor diantaranya Megaloman, andalan Iyo Suryoto My Janaka BF Cirebon. Burung ini sudah matang di kelas hanging yang ditandai dengan selalu masuk papan atas disetiap gelaran yang diikutinya di blok Tengah. Kali ini Megaloman diujicoba oleh pemiliknya main si kelas setengah tiang, dan hasilnya tidak mengecewakan. Megaloman berhasil masuk 3 Besar, diusianya yang masih 5,5 bulan.

Juara hanging.

Data Juara Latber Perkutut HUT TNI ke-76 di Cirebon Wilbar, Minggu 10 Oktober

Di kelas piyik yunior, Jatiwangi milik H. Nono Ganesha BF Majalengka berhasil menjadi yang terbaik. Meski diakui sang pemilik, burung bergelang Jati ini belum kerja maksimal, namun penampilannya cukup menjanjikan dan siap manggung di pentas nasional. Sedangkan posisi kedua diraih Avanza (Palem) milik Hartono Cirebon, yang menempel Jatiwangi.

Suasana latber.

Di kelas hanging, yang jumlah peserta lebih banyak, persaingan pun semakin ketat. Burung-burung bertalenta memperlihatkan bakatnya. Seperti yang ditunjukkan peraih nominasi juara 15 besar. Diposisi pertama diraih Terpesona milik M. Yusuf MBA BF Cirebon. Produk sendiri dari kandang MBA ini tampil konsisten dan meraih poin tertinggi. Disusul Bintang 9, debutan Ali Blitz BF Indramayu bergelang Jangkar Mas. Posisi ketiga diraih Cantik, orbitan anyar Asri BF Cirebon.
AB-AMA

Tinggalkan Komentar

Advertisement