Loading Posts...

Advertisement

     

Waspada Musim Hujan tahun ini, lebih dingin di malam hari & sangat beresiko menurukan daya tahan perkutut

AGROBISBURUNG.COM – TIP TRIKS.Hampir dua bulanan ini musim hujan menggantikan masa pancaroba yang sempat “kacau” dua tahun terakhir, kungmania dan para breeder perkutut kembali dipertemukan dengan musim yang kurang menguntungkan buat breeding. Apalagi musim hujan kali ini suhu dan angin dingin di malam hari sangat berbahaya buat burung, walau tidak kenceng tapi suhu dinginnya bisa menganggu daya tahan burung.

DI MUSIM HUJAN BURUNG MUDAH SAKIT
KEBERSIHAN KANDANG DAN SANGKAR HARUS JADI PRIORITAS

Tentunya kondisi di musin hujan akan beragam penyakit yang bakal datang karena musin hujan bisa membuat burung sangat rentan terkena penyakit. Pastinya dampak dari musim hujan akan mempengaruhi kualitas dan kuantitas burung di kandang serta juga burung hasil ternak. Kunci utama agar tidak terdampak begitu besar sebaiknya kungmania menerapkan pengontrolan total dan rajin di kandang, serta perhatikan dengan seksama kebersihan (di kandang & di sangkar) sekaligus harus lebih rajin memperhatikan menu makan dan minum yang bergizi dan bervitamin.

RANJI PUTER JUGA TAK LEPAS DARI PERHATIAN KEBERSIHAN DI MUSIM HUAN
PEUNIHI NUTRISI PUTER SEBAGAI BABY SISTER PERKUTUT

Di musim hujan jadwal mengontrol total dan rutin sangat penting, mulai dari burung yang disangkar dan di kandang harus masuk jadwal pengotrolan. Apakah burung tetap dalam kondisi sehat dan fit selama musim hujan serta apakah aktifitas burung di dalam sangkar tetap aktif atau ada yang terlihat kurang sehat. Apakah makan yang sudah diberikan dalam keadaan kering, air minuman tetap bersih, ada baiknnya semua makanan harus dalam keadaan bersih dan kering. “Jika terlewatkan mengontrol kondisi makan dan minuman akan sangat berbahaya di musim hujan, jika keduanya sudah terkontamiasi kuman penyakit maka semuanya akan berakibat fatal. Sebab dari situlah sumber penyakit berawal,” papar H Sugi ACC Tasikmalaya yang selalu memerintahkan awak kandangnya lebih rajin mengotrol kandang di musim hujan.

PASTIKAN DI KANDANG SELALU HANGAT DENGAN BANTUAN LAMPU DI MALAM HARI

Agar tetap aman dan tetap sehat di musim hujan sebaiknya kungmania lebih extra menjaga kebersihan kandang. Pembersihan kandang serutin mungkin sangat baik untuk menghindari bakteri dan kuman penyakit yang berada di dalam kanadng atau sangkar. Untuk burung dikandang dan di sangkar pembersihan sisa kotoran wajib dilakukan setiap hari, dan sebisa mungkin jika ada panas matahari di musim hujan burung sebaiknya langsung dijemur.

MILLET SEBAIKNYA DICUCI BERSIH

Selain kebersihan kandang, sangat penting menyediakan ranji-ranji yang sudah dipasang lampu pada musim hujan seperti saat ini, sebab banyak ditemukan kasus burung burung tiba tiba “masuk angin”. Tembolok tiba tiba seperti membesar tapi tidak ada makanan di dalammnya, malah lebih banyak air yang ada di dalam tembolok. jika salah penanganan dan diagnosa burung bisa langsungmati.

TAMBAHKAN MULTIVITAMIN PADA MINUMAN BURUNG

Di malam hari sangat wajib memberikan lampu untuk membantu burung terus merasa hangat dalam kondisi suhu badan yang stabil, terutama burung burung yang sudah terlihat kurang sehat di malam hari harus dimasukkan ke dalam ranji yang ada lampunya. Sekaligus di masukkan dalam ruangan “isolasi”

JIKA ADA SINAR MATAHARI SEMPATKAN JEMUR SEMUA BURUNG

Perhatikan juga baby baby perkutut yang diasuh di puter, penuhi komsumsi makanannya secara optimal karena resiko piyik jika di asuh puter lebih mudah terpapar kuman dan bakteri penyakit. Sebagaimana yang disampaikan Taufiq Piruz Pasuruan bahwa semua kondisi diatas wajib dilakukan kung mania di musim hujan, sebab kalau sudah telat pengobatannya akan sangat susah mengembalikan pada kondisi normal.. Sebaiknya lakukan hal tersebut secara rutin agar menjadi kebiasaan ketika kungmania merawat burung di kandang dan juga disangkar.

JIKA SEMUANYA DIPERHATIKAN MAKA MUSIM HUJAN SEMUA BURUNG AKAN TETAP SEHAT

Sebisa mungkin makanan sebaiknya di cuci bersih sebelum dihidangkan, campurkan Milet (menu utama) dengan berbagai menu “hangat” seperti milet merah, ketam hitam dan juga godem. Untuk minuman yang benar-benar bersih, bahkan ada peternak yang secara khusus memakai air isi ulang untuk komsumsi minumannya. Sangat penting bahwa perubahan warna di wadah minuman juga harus rajin dikontrol, ketika sudah tercampur kotoran atau lainnya segera ganti air dengan baru, karena jika terlambat beresiko pada kesehatan burung

Berikan secara rutin multivitamin atau antibiotic bubuk (dicampur di minuman) sepekan tiga kali dan juga pemberian rutin extrafood yang disuka perkutut. Satu menu yang saat ini wajib ada adalah pemberian asinan dab ketan hitam di kandang ternak sebab  di musim hujan, asinan sangat membantu untuk mencegah piyik yang masih usia balita cacat atau kematian embrio.Untuk ketam hitam lebih bisa membantu menghagatkan tubuh burung ketika musim hujan.

Tinggalkan Komentar

Advertisement