Loading Posts...

Advertisement

     

Abah Hudan 911 dari Hobi Moge berlabuh ke hobi burung karena “tertembak” Pleci

SURABAYA. Siapa menyangka Aba Hudan dengan tim 911 sebelum terjun kedunia kicau mania punya hobi mengendarai  Moge (Motor Gede). Saat ditemui agrobisburung.com  dikediamannya sambil menunjukkan 2 koleksi Mogenya,  Abah Huda menjelaskan tidak ada terbersit bisa terjun ke dunia hobi burung. “Saya ini pemain baru di dunia burung kira-kira akhir tahun 2016, berawal dari karyawan saya membawa burung kecil ke bengkel, dan tidak ada yang mengaku tapi setelah dengar suaranya kok enak juga ya, itu mulai ketertarikan saya dengan burung Pleci, “ungkap pria berpenampilan kalem ini.

ABAH HUDAN 911 BERSAMA KOLEKSI MOGENYA

Semua karyawannya tidak ada yang berani mengakui ternyata setelah Aba Hudan ingin membelinya. Satriyo nama karyawannya, baru mengakui bahwa burung Pleci itu kepunyaannya. Aba Hudan akhirnya membelinya dengan harga 1.5 juta meskipun Satrio membeli sudah harga 1 juta, memang saat itu Pleci lagi ramai lombanya. “Memang burung ini sudah biasa saya tampilkan dikelas latber dan latpres dan sering juara,” jelas Satrio.

KOLEKSI JAWARA PLECI PERTAMA ABAH HUDAN 911
TETAP GAMIS DI HOBI DAN SELALU MENJUNJUNG RASA PERSAUDARAAN KEPADA KARYAWAN 7 SESAMA PENGHOBI BURUNG

Sejak saat itu Aba Hudan tertarik mengikuti lomba meskipun ditingkat latber dan latpres. Tapi pada saat lomba ada salah satu karyawannya mengusulkan untuk bermain Murai Batu. “Itupun saya belum tahu jenis burung  Murai Batu itu seperti apa,  ternyata setelah tahu dari segi tarung dan gayanya membuat saya suka dengan burung tersebut,” tambahnya.

ABAH HUDAN & TAUFIK WIBISONO MANAGER LAPANGAN 911 SF
CUAK IJO DALANG & GAYA HORMAT JURI MB MILIK ABAH HUDAN 911

Kenapa Aba Hudan memilih Murai Batu karena ada seni tersendiri banyak faktor yaitu dari mainnya  dan seni merawat karena tipikalnya burung figther dan seni merawat karena setiap burung berbeda dalam merawatnya. Selain itu  karakter yang setelannya pun berbeda  dan variasi lagu bisa meniru berbagai macam burung. Dan untuk menjadikan burung jadi jawara itu tidak mudah dengan kerja dan masteran bisa ratusan burung dirumahnya.

KUNCI SUKSES ABAH HUDAN ORBITKANJ JAWARA HANYA SABAR DAN PENJIWAAN KARAKTER BURUNG

Sekarang 911 Singel Fighter sudah banyak dikenal di dunia perburungan di Indonesia. Gaco andalan 911 merupakan burung nasional seperti  Ganas, hellboy,  Anak Lanang, Pendekar,  Petir, Sadis, Parikesit, RocknRoll mampu berkiprah ditingkat Nasional. Pada Piala Raja kemarin Ganas dan Hellboy mampu jadi jawara disana. ” Sekarang tidak terasa koleksi Murai Batu saya sudah 55 ekor, dan semua punya karakter sendiri-sendiri dan perawatan juga lain,  untuk gaco yang bisa dibawa ditingkat Nasional saya rawat sendiri di bantu dua perawat Iwan dan Gunawan, ” tegas Pria yang punya nama lengkap Hudan Eko Susanto.

GUNAWAN & IWAN JADI MITRA UNTUK MERAWAT GACO NASIONAL 911 SF

Hobi bagi Aba Hudan bukan hanya ingin jadi juara tapi yang diutamakan yaitu kualitas dan kinerja burung saat di lapangan. Ini senada yang di ungkap Taufiq yang merupakan tangan kanan Aba Hudan disetiap lomba yang dihadiri. “Burung Murai batu koleksi 911 mempunyai kualitas dan memang punya kinerja bagus dilapangan, sehingga  alhamdulillah selalu jadi jawara disetiap even yang diikuti, “jelasnya.

Sebenarnya nama 911 diambil dari nama usahanya yang bergerak dibidang mekanik. ” 911 saya identikan dengan panggilan darurat,  soalnya kalau ada kerusakan atau trouble maupun keperluan dibidang teknik di Pabrik kita harus siap sedia untuk memperbaiki meskipun itu tengah malam harus segera diperbaiki,” kata pria berusia 44 tahun ini.

KANDANG UMBARAN HARIAN UNTUK MELATIH STAMINA & PEFORMA BURUNG

Selain Murai Batu Aba Hudan punya gaco Cucak Ijo Sinden dan Dalang yang sangat disegani baik di blok Barat maupun Timur di arena lomba tingkat Nasional. Dan kembali lagi burungnya punya kualitas bagus. Sempat Dalang ada penawaran 200juta pada saat Borobudur Cup, meskipun hanya mendapat nominasi tapi saat itu kerja burungnya bagus. ” Tapi belum saya lepas karena memang burungnya tidak saya jual,” jelas pria berputra tiga ini.

PENDEKAR SALAH SATU ANDALAN NASIONAL 911 SF

Untuk tahun 2019 ini Aba Hudan lebih berkonsentrasi untuk breeder Murai Batu memang saat ini dikenal aktif di PBI dan sudah ternak tapi anakan masih dipakai sendiri belum untuk dijual. ” Untuk awal tahun 2019 saya sudah mempersiapkan kandang , dan mempersiapkan breeder  karena banyak permintaan anakan dari koleksi Murai Batu saya, ” terusnya. Diakhir wawancara Aba Hudan memberikan tips kalau ingin sukses agar jawaranya bisa tampil moncer disetiap lomba kuncinya harus sabar dan telaten dan menjiwai setiap karakter burung yang dirawat agar tahu betul kemauan burung agar bisa tampil top performan disetiap lomba.

Tinggalkan Komentar

Advertisement