Loading Posts...

Advertisement

 

Cukup Setelan Pas Bikin Anis Merah ‘Tembak’ Telernya langsung Anteng

 

TIPS TRIK. Siapa yang tidak hapal gaya “teler” anis merah saat tarung. Begitu digantang, jika mental joss, tidak keder dengan keberadaan lawan di sekitarnya. Sontak, kepala langsung merunduk, goyang kanan kiri bak tokoh dewa mabuk di layar kaca tempo dulu. Nah, karakter demikian terdapat pada gaco besutan Budeng, bernama ‘Tembak’, single fighter Surabaya saat turun di kelas Anis Merah B, Pahlawan Cup Telaga Bahari, Surabaya.

BUDENG SUKANYA SETELAN “TELER”

Kunci performa supaya bisa demikian, menurut Budeng cuma pada setelan. Apa itu setelan? Bagi yang awam, istilah tersebut sebenarnya sebutan untuk kombinasi pakan. Jadi setelan, merupakan otak atik jumlah makanan yang diberikan, terutama jelang turun lomba. “Memang cuma itu mas kuncinya, setelan,” ujar Budeng diamini rekan sejawat usai sesi gantangan lomba.

Jadi, setelan yang dimaksud, memberikan makan dengan durasi pagi dan sore hari, jangkrik dan apel merah. “Jangkrik kita berikan masing masing tiga untuk pagi dan sore hari,” imbuhnya. Apakah ini rumus mati alias bisa diterapkan pada semua jenis anis merah? “Belum tentu juga, ada yang cocok diberi pakan cacing yang bisa temukan di sekitar pohon pisang, biasanya hidup di tanah – tanah, warnanya putih, jadi beda burung lain pula perlakuannya,” papar Mbah Yit, panitia gantangan.

Budeng juga mengatakan selain setelan pakan, hal lain yang berpengaruh adalah latihan. “Iya tiap minggu pasti kita bawa lomba soalnya burung ini dapat dari temen, nah sama dia tidak pernah ‘dipake’, turun lomba. Setelah Telaga Bahari, ino sudah saya siapkan buat even minggu depan, ” ujar Budeng sembari membasahi badan anis merah gacoannya, mengingat udara dan panas  cukup terik. abiko

Tinggalkan Komentar

Advertisement