Loading Posts...

Advertisement

     

Wahyudin AJT BF Andalkan Trah Juara, Perkuat Bandung Team di Lomba Nasional LP2I Garut 

GARUT, agrobisburung.com – Pada gelaran awal Liga Lengkob Bandung I, pertengahan Juli 2020 lalu, Wahyudin atau Ujang Igud, sukses mengorbitkan dua jagoannya, yakni Babahong dan Menak Jinggo di papan atas kejuaraan. Tiga kali main, Babahong meraih juara 1 kelas madya, 2 utama dan 4 BOB. Sedangkan Menak Jinggo juara 3 madya dan 6 BOB. Ini lah moment debut dirinya main di puter pelung. Saat itu Wahyudin baru saja mendapatkan burung lomba dari rekannya, Erwin Zeus Bandung dan Deden Mustika Sumedang.
“Saya baru dapat burung dari Om Erwin, seminggu kemudian langsung ikut lomba. Eh, langsung juara. Sejak saat itu saya langsung keterusan main puter pelung,” ungkap Wahyudin.

Wahyudin

Padahal, tambah Wahyudin, waktu itu ia masih aktif didunia hobi burung kicauan, yang tergabung dalam komunitas konin (kolibri ninja), yakni Komando (Konin Mania Indonesia) dan Aa Jacky Team Bandung. Di setiap event nasional kicauan, ia kerap hadir bersama rekan-rekan komunitas konin  Hingga saat ini pun ia masih aktif main konin, sambil merintis didunia barunya puter pelung.
“Konin masih aktif. Jiks konin lebih ke hobi saja. Sedangkan puter pelung ada peluang bisnis, ya tidak ada salahnya saya coba kembangkan,” ujarnya.
Setelah mengawali kiprahnya didunia puter peulung langsung di lomba, tidak lama kemudian Wahyudin mulai merintis breeding puter pelung. Dengan harapan bisa menghasilkan generasi juara dari materi indukan juara yang dimilikinya. Di markas AJT BF yang berlokasi di wilayah Bandung Timur, kini terdapat 15 kandang yang bermaterikan trah-trah unggulan. Diantaranya, sebagian merupakan burung siap lomba. Yakni, Pasir Mas, Babahong (Mustika), Menak Jingggo (HW), Laskar Pelangi (SP 375) dan Zeus (Golden). “Dari 15 kandang yang ada, baru 11 kandang yang aktif,” ungkapnya.
Kini anak-anaknya sudah ready. Yang sudah diambil beberapa kwok mania juga ada. Bahkan, sebagian anakannya sudah siap lomba. Pada gelaran nasional di Garut (27/3) nanti, AJT BF sudah menyiapkan produk-produk pilihannya untuk mendampingi seniornya, Menak Jinggo dan Laskar Pelangi. Wahyudin siap memperkuat Bandung Team di Garut nanti, bersama Maung Bandung STP, Zeus, DNS, Arenna, ASL, CTC-S4, dll. “Babahong tidak berangkat ke Garut, tapi anaknya sudah siap tempur. Mental dan kualitas suaranya sama. Saya optimis bisa bersaing,” tandasnya. AB-AMA

Tinggalkan Komentar

Advertisement