Loading Posts...

Advertisement

     

Tak Terasa 20 Tahun Terjun & Menggeluti Anis Kembang, Saat ini Ganco Orbitkan Asyik jadi terbaik

 

AGROBISBURUNG.COM – GRESIK. Tak Terasa waktu sudah bergulir selama 20 tahun buat Ganco, salahs atu pemain lomba yang sudah terjun di lomba burung sejak tahun 2000-an. Namun sejak 1999 sudah main burung dan baru pada tahun 2000 mulai terjun di lomba lomba. Awal terjun di hobi kicauan adalah kali pertama memelihara Hwabie setelah  itu hampir semua burung pernah diorbitkan seperti Kenari, Cendet seperti Pujangga, Super Star, Jet Set. Seiring berjalannya waktu Ganco lebih fokus bermain dan mengorbitkan  Anis Kembang.  Gaconya seperti Kapten Marvel, Crispy, Buang Gas,  dan Asyik merajai kelas Anis Kembang khususnya daerah Gresik dan sekitarnya.

Genap satu tahun Asyik sudah banyak bawa trophy

Asyik berhasil ‘Hatrick’ di Anniversary Simphony BC

Sekarang yang lagi tenar Asyik baru didapat setahun yang lalu dari burung rumahan dengan harga Rp. 2 juta ring Sarimun 47. Hanya berselang beberapa bulan merawat Asyik, performanya mulai kelihatan dan stabil sehingga tiap kali digantang pasti juara . Kenapa di beri nama Asyik karena asyik didengar juri, asyiuk merawatnya tidak rewel, dan asyik dinikmati dirumah. Bagi Ganco, selama ini burung Anis Kembang yang di orbitkan mempunyai ciri dan karakter masing-masing dan namanya sesuai dengan karakter burung. “Kalau bisa namanya tidak meniru nama burung lainnya, dan sesuai dengan karakter burungnya,” ujar pemilik nama lengkap  H.  Muhammad Mahmud.

Saat Asyik jadi burung terbaik di gantangan P2BG Gresik

Gaya satu titik ‘roll speed’ lagu jelas asyik didengar juri

Asyik sudah melalang buana lomba burung hampir lomba besar di Indonesia,  seperti piala Pakualam Yogyakarta, Kapolres Kediri, Bupati Sidoarjo Cup,  Kapolda Cup 1, hampir semua tidak pernah ‘zonk’ minimal 10 besar pasti dapat.  Selama ini penilaian Anis Kembang dinilai dari ‘roll speed’. “Itu sudah kuno sekarang yang dicari dari segi speed kualitas irama lagu,  tonjolan roll tembak,  bisa terdengar satu persatu lagu yang dibawakan sehingga juri maupun penonton bisa asyik menikmati kicau Anis Kembang,” tegas Pria berputra dua ini. Soalnya roll speed cepat kurang bisa dinikmati karena pembawaan terlalu cepat.

Saat jadi jawara di Kapolres Kediri

Asyik saat ‘kumpul bareng’ dengan Anis Kembang lain sebelum lomba

Perawatan Asyik hanya jam 6 pagi diembunkan berikan jangkrik 2 sebelum mandi dan dijemur paling lama 5 menit ditambah buah pisang dan diangin-anginkan 5-10 menit habis full kerodong. Ketekunan perawatan yang rutin berbuah keberhasilan. Selama ini Ganco banyak mengumpulkan trophy sampai-sampai gudangnya penuh bahkan juga banyak diminta pemain burung sebagai kenang-kenangan saat main dirumahnya dikawasan Sunan Giri Gresik. “Penghargaan yang saya terus kenang yaitu saat burung anisnya jadi burung terbaik di even EO. LKMI garapan Endik Gundul pada tahun 2014. “Saya ingat benar setelah menerima penghargaan tersebut terjadi Tsunami di Aceh jadi piagam ini saya abadikan biar jadi memory terindah yang tak terlupakan,” tutupnya saat ditemui agrobisburung.com dikediamannya. AB-EKO/Jun

Jadi Anis Kembang terbaik di Spartan Cup 1

Tinggalkan Komentar

Advertisement