Loading Posts...

Advertisement

     

Abah KomarM3, Cetak Jawara Oreo Dengan produk AMS Premiun

A

AGROBISBURUNG.COM – MOJOKERTO. Burung di habitatnya memiliki spesifikasi tersendiri untuk makanannya. Bila sudah menjadi burung piaraan, sang empunya harus tahu jenis makanan alaminya. Sehingga burung bisa hidup layak dan memberikan kebanggaan tersendiri dengan kualitas kicauannya. “Bila kita sudah paham kehidupan alaminya, tentu kita bisa tiru dalam teknik perawatan hariannya. Termasuk ketika kita memilih jenis pakan burung dari buatan pabrik,” celetuk H. Komaruddin, kicau mania asal Mojokerto sekaligus breeder aneka burung Indonesia ini.

Abah Komar di salah satu aktivitasnya dalam lomba burung berkicau

Celoteh Abah Komar, sapaan akrabnya, bukan tak beralasan. Beberapa burung kicauan piaraannya tergolong burung jawara. Sebut saja dengan Cucak Hijau bernama Hardcore, Murai Batu bernama Oreo, Love Bird bernama Santi, dan Cendet bernama Duta. Semua jenis burung kicauan yang sering menyabet juara. Menurut pengakuan Abah Komar, kualitas burung koleksinya itu disebabkan dua hal penting. Pertama, dirinya sangat memahami karakter burung di habitat aslinya. Sehingga dalam perawatan sehari-hari, pola hidup burung pun diikuti dalam proses perawatan. Kedua, berkat support aneka kandungan gizi yang terdapat di pakan burung bermerk AMS (American Selection).

Murai Batu Oreo yang sering juara itu saya beri pakan AMS Platinum. Pakan ini memang produk berkualitas tinggi dikelasnya. Nutrisinya lengkap dan sesuai dengan kebutuhan burung di alamnya. Setidaknya mengandung 57% protein yang dibutuhkan burung,” ungkapnya sambil menunjukkan kemasan AMS Platinum.

Sebagian koleksi trophy kejuaraan yang diraih burung-burung piaraan dengan pakan AMS

Lebih dari 1,5 tahun si Oreo diberi pakan jenis ini. Alhasil, Oreo hampir selalu jadi juara diajang lomba kelas latber/latpres hingga lomba nasional. Terbukti di event King of Majapahir 2, kerja Oreo sangat stabil. Kualitas kicauan Oreo mampu mengimbangi murai batu lainnya. Meskipun Abah Komar sempat kecewa karena kerja burung andalannya tak dilirik juri.

“Itu hal biasa dalam lomba burung. Kita cukup kecewa saja tapi jangan terbiasa protes. Juri juga manusia kok. Terkadang fokus mereka terganggu karena teriakan peserta sendiri. Tapi tidak apa-apa, penonton memiliki cara sendiri ketika melihat kerja burung. Justru yang kualitasnya dibawah Oreo malah juara dan masuk sepuluh besar,” ujar Abah Komar didampingi perawat Oreo, Mr. Harto Jangkung.

Abah Komar dan Mr. Harto di lomba King of Majapahit 2 – Mojokerto

Prinsipnya, lanjut Abah Komar, bila memilih pakan burung harus teliti dan selektif. Lihat kandungan nutrisinya dulu sebelum memberikan pada burung. AMS adalah produk Amerika yang memiliki kandungan nutrisi tertinggi di kelasnya. Bahkan Abah Komar mengaku, bila seluruh burung koleksinya maupun di penangkarannya, menggunakan produk-produk AMS.

“AMS jelas hasil penelitian pakar perburungan Amerika yang dapat diandalkan kualitasnya. Jadi sejak tahu kandungan nutrisi di pakan AMS, saya enggan pakai produk lainnya,” ujar Abah Komar yang tergabung di Mania Murai Mojokerto (M3) itu dengan mimik wajah serius.

Tinggalkan Komentar

Advertisement