Loading Posts...

Advertisement

     

Cukup di-Tenggar dikamar & rajin ngembun Rahasia antarkan LB Damar selalu jadi Jawara

TIP TRIKS. Rahasia perawatan jawara bagi sebagian mekanik ataupun perawat burung adalah “rahasia”, namun bagi pemilik LB Damar, Roni Taring Babi SF rahasia perawatan itu jangan dirahasiakan sebab masing masing cara merawat itu tidaklha sama secara spesifik. Roni Taring Babi SF berbagi pengalaman merawat burung kesayangannya LB Damar yang sudah dapat pinangan menggoda setelah berhasil nyeri dan jadi terbaik Singel Figther di even Duo Figther dipinang sebesar Rp. 25 juta. “Istri dan anak masih sayang tidak memperbolehkan untuk dijual, ” ungkap pria berputra satu itu.

Tolak Pinangan Rp. 25 juta, LB Damar terus dipertahankan untuk selalu berprestasi

Apalagi perawatan unik LB Damar cukup di tenggar/diumbar di dalam Kamar, Perawat harian selalu ditenggar di kamar Roni setelah itu dimasukkan kurungan umbaran (kurungan kotak). Dan didalam rumah tidak ada burung lain selain Damar. “Karena tidak ada LB di Rumah sekali dengar suara lovebird Damar langsung ngekek kalau dibawa kegantangan energinya bisa berkurang, ” lanjut pria pengusaha percetakan itu. Tiap harinya diembunkan tiap jam 11 malam sampai jam 2- 3 dini hari. Sekarang umurnya 1,3 tahun kalau ngekek bisa durasi super itu kalau mau ngekek bisa 3-4 kali super.  Pernah di coba untulan tapi malah durasi panjangnya berkurang.

Ngekek sambil gigit ring ciri khas Damar
Putra Bersama LB Damar yang diumbar

LB Damar diperolehnya dari sang kakak, Edi seharga Rp. 250 ribu, Damar memakai ring Sultan. Sejak itulah di usia 3 bulan LB Damar mulai dirawatnya. Pada awalnya Roni tidak suka burung dan sempat hanya 3 hari di rawat, Damar hampir meninggal gara-gara tidak cocok makannya. Dan mau dikembalikan kakaknya. Atas saran kakaknya menyuruh diberikan jagung, baru mau makan padahal diberi pakan yang mahal malah tidak mau makan.  Tapi setelah diberi milet kiloan malah mau makan dan mulai sehat.

Ditangan Roni Damar disegani dikelas Lovebird dewasa terutama di gantangan Surabaya Barat

Awalnya masih paud kalau ngekek sambil bukak sayap, tapi setelah dewasa Damar malah keluar durasi panjangnya. Setelah beranjak dewasa baru mau diberi makan bernutrisi.  “Jadi rawatan saya kembalikan lagi, dan Alhamdulillah setelah itu tiap kali latber maupun latpres selalu nyeri dan tidak pernah zonk, malah pernah ada gantangan terutama di Surabaya Barat sampai hafal dengan Damar dan hanya diberi kesempaan 2 sesi saja untuk memberikan kesempatan bagi yang pemula,” jelasnya.

Tapi kalau penjurian BnR kurang cocok karena Damar kadang kalau ngekek panjang sering gigit ruji/ngeruji, dan pakem penilaian BnR tidak dinilai,  makanya tidak pernah koncer. Damar  Untuk pakanan harian Roni memesannya langsung dari Tanggerang, dan biasanya dikirim melalui  ekspedisi. ” Damar cocok dengan pakan tersebut,  pada saat birahi tinggi pernah saya beri milet untuk mengedropkan memang hasilnya bagus bahkan pernah setelah itu saya gantang malah tidak bunyi,  tapi setelah saya beri pakan ini durasi dan figthernya timbul,” tutupnya saat ditemui agrobis burung dirumahnya.

Tinggalkan Komentar

Advertisement