Loading Posts...

Advertisement

 

Pakem Baru Sistem Penilaian Stik Lovebird disosialisaikan Elite Indonesia

Pakem baru penilaian lomba jadi pembahasan utama pada acara Pemantapan Juri Elite Indnonesia di Bandung beberapa waktu lalu terutama  untuk kelas love bird. Kriteria penampilan (durasi) burung love bird kelas Dewasa dan Gaya Bebas berdasarkan nilai stik. Jika durasi pendek: 5-7 detik (stik PUTIH: nilai 10), durasi sedang; 8-15 detik (stik KUNING: nilai 50), dan durasi panjang: 16-20 detik (stik MERAH: nilai 100).

PENILAIAN STIK LOVE BIRD.

Adapun, hal-hal yang bisa menambah penilaian stik yaitu, jika berbunyi dari 16-30 detik dan irama lagu dan volume sesuai pakem Elite Indonesia, maka ditambah STIK KUNING. Jika lebih dari 31-49 detik dan irama lagu dan volume sesuai pakem Elite Indonesia, makan ditambah STIK MERAH 1. Jika lebih dari 50 detik keatas dan irama lagu dan volume sesuai pakem Elite Indonesia, maka ditambah STIK MERAH 2.

WIDODO (KEDUA KANAN) & PENGURUS ELITE INDONESIA.

Kriteria pakem lagu love bird Elite Indonesia: irama lagu, volume (keras) dan durasi kerja (intensitas/keaktifan dalam bernyanyi). Sementara hal-hal yang bisa mengugurkan dalam proses penilaian love bird dewasa fighter adalah:  berbunyi dalam dalam keadaan bulu mengembang, irama lagu minor (cenderung satu jalur), berbunyi sambil merem melek, paruh mangap dan nguyem lidah, tidak respon terhadap lawan (lingkungan) dan tidak bunyi memanggil, berbunyi sambil menggigit jeruji, serta kedua kaki saat berbunyi tidak pada tangkringan.

Sedangkan hal-hal yang bisa mengugurkan dalam proses penilaian love bird dewasa gaya bebas: berbunyi dalam dalam keadaan bulu mengembang, irama lagu minor (cenderung satu jalur), berbunyi sambil merem melek, paruh mangap dan nguyem lidah, serta tidak respon terhadap lawan (lingkungan) dan tidak bunyi memanggil. Untuk kelas Elite Love Bird Berbakat, berikut kriterianya: love bird usia 5 bulan kebawah, kaki hitam, paruh bercak hitam, dan berprilaku love bird anak. Contoh: love bird pendek 3-5 detik (stik PUTIH: nilai 10), love bird sedang: 5-10 detik (stik KUNING: nilai 50), love bird panjang: 10-15 detik (setik MERAH: nilai 100).

Kelas Elite Pemula, berikut kriterianya: love bird usia 5 bulan kebawah, kaki hitam, paruh bercak hitam, dan berprilaku love bird anak. Contoh: love bird pendek 1-3 detik (stik PUTIH: nilai 10), love bird sedang: 3-5 detik (stik KUNING: nilai 50), love bird panjang: 5-10 detik (setik MERAH: nilai 100). Catatan: hanya stik PUTIH saja yang dihitung di kelas Balibu Pemula.

Burung love bird kriteria seperti diatas diperbolehkan mengikuti kelas love bird Elite Balibu dan untuk juara 1-3 dicek saat akan menurunkan burung di perlombaan. Apabila, misal: juara 1 tidak memenuhi kriteria love bird Balibu, maka akan didiskualifikasi. Juara 1 akan digantikan oleh juara 2 dan seterusnya. Begitu juga dengan juara 2 dan seterusnya akan dicek. Adapun hal-hal yang akan menggugurkan kriteria juara dalam love bird Balibu, yakni mengepal dan mengawin tangkringan (gestang).

Tinggalkan Komentar

Advertisement